Oleh: Aat Hidayat | 1 Mei 2010

Kitab ash-Shahih al-Bukhari

Di kalangan umat Islam, banyak bertebaran kitab-kitab hadis. Di antara sekian banyak kitab hadis tersebut, kitab yang paling terkenal dan mampu memperoleh derajat paling tinggi adalah kitab al-Jami’ al-Musnad al-Shahih karya Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah bin Bardizbah al-Ju’fi al-Bukhari, atau biasa disapa dengan Imam al-Bukhari. Sampai-sampai Hasbi ash-Shiddieqy mengatakan bahwa kebanyakan ulama hadits telah sepakat menetapkan karya Imam Bukhari ini merupakan kitab paling shahih sesudah al-Qur’an.

Apa keistimewaan kitab Shahih al-Bukhari sehingga menempati derajat keutamaan tersebut?

Sebelum menjawab faktor yang menyebabkan kitab ini memperoleh keistimewaan, ada baiknya kita lihat dulu keistimewaan dari segi penulisnya sendiri, yaitu Imam al-Bukhari. Beliau memang sudah menekuni ilmu agama sedari kecil. Di saat usianya belum mencapai sepuluh tahun, Imam al-Bukhari sudah belajar hadis. Sehingga wajar saja jika di kemudian hari, beliau mendapat gelar terhormat dalam dunia ilmu hadis, yaitu gelar Amir al-Mu’minin fi al-Hadits. Tentunya gelar ini disematkan pada diri beliau bukan tanpa alasan. Gelar ini diberikan karena memang beliau orang yang pantas menerimanya karena ketekunan, ketelitian, dan kecerdasannya dalam mencari, menyeleksi, dan menghafal hadits, serta banyak menulis kitab hadis.

Kemudian dari sisi kitab Shahih al-Bukhari. Dari segi nama saja, kitab ini sudah mencirikan derajat keutamaan. Nama lengkap kitab ini adalah al-Jami’ al-Musnad al-Shahih al-Mukhtashar min Umur Rasululah saw wa Sunanihi wa Ayyamihi. Al-Jami’, mencirikan bahwa kitab ini mencakup segala permasalahan, mulai dari hukum, sejarah, tata pergaulan, sampai kabar yang akan datang. Al-Musnad mengandung arti bahwa kitab ini hanya memuat hadis yang sanadnya bersambung kepada Rasululah. Dan Shahih berarti kitab ini tidak memasukkan hadis yang dla’if.

Di samping itu, Imam Bukhari juga menetapkan kriteria hadis dalam kitabnya dengan sangat ketat. Sebuah hadits dianggap shahih, bila dalam persambungan sanadnya benar-benar ditandai dengan pertemuan langsung antara guru dan murid, atau minimal ditandai dengan guru dan murid yang hidup pada satu masa.

Selanjutnya, kitab Shahih al-Bukhari menggunakan sistematika penulisan model shahih dan sunan, yaitu model penulisan kitab yang disusun dengan cara membagi menjadi beberapa Kitab, dan tiap-tiap Kitab dibagi ke dalam beberapa Bab. Dalam kitab karya Imam al-Bukhari ini, terdapat 97 Kitab, yang dibagi-bagi lagi kedalam Bab yang berjumlah 4550 Bab. Adapun jumlah haditsnya, yaitu 7275 buah hadis, termasuk yang diulang-ulang, atau 4000 buah hadits tanpa pengulangan.

Walaupun kitab ini menduduki derajat yang paling tinggi, tetap saja tidak pernah lepas dari kritik. Di antara yang mengkritik kitab ini adalah Dar al-Qutni berkenaan dengan 80 periwayat dan 110 hadis yang tidak memenuhi standar sebagaimana hadits-hadits Imam al-Bukhari yang lain. Juga kritik terhadap hadis ‘Aisyah mengenai kasus tersihirnya Rasulullah oleh sihir Labib ibn A’sam. Kritik ini dikemukakan oleh al-Jassas, Jamaluddin al-Qasimi, Muhammad Abduh, dan Muhammad al-Ghazali. Di samping kritikan, kitab ini pun menuai banyak pujian. Di antaranya Ibnu Shalah menyebutnya sebagai kitab paling shahih setelah al-Qur’an. Bahkan, Ibnu Katsir mengklaim bahwa seluruh ulama telah menerima kitab ini.

Itulah kitab Shahih al-Bukhari. Kitab hadis terhebat sepanjang sejarah. []

About these ads

Responses

  1. tolong kasih saya petunjuk bagaimana saya bisa dapatkan kitab versi indonesianya yang bisa dipercaya dari yang aslinya,tolong balas diemail saya,trima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.357 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: